Senin, 08 Oktober 2012

Hantu dalam kacamata islam

Hantu secara umum merujuk kepada roh atau arwah yang meninggalkan badan karena kematian. Definisi dari hantu pada umumnya berbeda untuk setiap agama, peradaban, maupun adat istiadat.



Meskipun secara umum hantu merujuk pada suatu zat yang mengganggu kehidupan duniawi, dalam banyak kebudayaan, hantu tidak didefinisikan sebagai zat yang baik maupun jahat. Sebutan setan, iblis, genderuwo, dan sebagainya, lebih umum digunakan untuk merujuk kepada hantu yang jahat. Sedangkan hantu yang baik yang dianggap mempunyai kemampuan untuk menolong manusia, disebut dengan bermacam nama yang berbeda, seperti sebutan untuk Datuk, Te Cu Kong (penguasa tanah, dalam agama Kong Hu Cu), dan lainnya. 

Tetapi di dalam kebanyakan agama, meminta hantu untuk membantu manusia adalah dilarang.
Hantu dipercaya keberadaannya oleh hampir semua umat manusia yang mempercayai adanya Tuhan, meskipun hanya sebagian kecil yang mengakui pernah melihat hantu secara langsung. Keberadaan hantu menjadi pro dan kontra di banyak negara maju. Sebagian ilmuwan beranggapan hantu hanyalah ilusi ataupun khayalan mereka yang mempercayainya, sementara sebagian ilmuwan lain berusaha membuktikannya secara ilmiah adanya zat yang terkandung dalam hantu.

Hantu dalam kacamata islam


Dalam Islam, hantu dikelompokkan sebagai setan dari golongan jin yang kerap mengganggu manusia. Jin dikenali sebagai mahkluk halus yang tinggal di dalam alam lain. Bagaimanapun, kumpulan jin ini bisa memasuki alam manusia. Ada sebagian jin yang membuat hubungan dengan manusia dan patuh terhadap manusia, dengan tujuan menyesatkan manusia seperti merusakkan akidah.

Ada orang yang mempercayai adanya hantu, ada pula yang tidak percaya. Sebagian besar orang awam beranggapan bahwa hantu memang ada, namun dalam pemahaman yang salah.

Hantu dan tragedi horor faktanya memang ada karena ada alam lain selain alam nyata ini, yaitu alam ghaib. Di alam ghaib ada beberapa jenis penghuni, salah satunya adalah jin. Ada jin baik dan jin jahat. Jin jahat bekerja sebagai pengganggu manusia sehingga manusia dibuat terkejut lalu ketakutan. mereka membuat hal-hal aneh dan menakutkan, diantaranya adalah tragedi horor.Dari sekian banyak jenis hantu, hantu yang sepertinya paling ditakuti masyarakat adalah hantu orang mati.

Zaman sudah semakin maju, di Jakarta mungkin cerita tentang hantu dan sebangsanya sudah tenggelam, namun coba deh tengok ke daerah-daerah lain di Indonesia, kebudayaan dan kepercayaan tentang hal gaib masih kental disana. Itulah sebabnya, jin juga pada betah tinggal disana. berikut adalah hantu atau setan yang diyakini berasal atau berdomisili di daerah Jawa:

1.GENDRUWO
 Hantu yang satu ini suka tinggal di pohon-pohon besar atau gedung-gedung tua. Gendruwo merupakan sosok hitam besar yang tidak banyak bergerak. Gendruwo suka bergelantungan di dahan pohon atau duduk di bawahnya. Baunya sangat bau, sangat menusuk hidung, 

2. SUNDEL BOLONG
 Sundel, bahasa Jawa yang artinya WTS/PSK, bolong artinya berlubang. Jenis kelamin hantu ini sudah dipastikan perempuan. Sundel bolong biasanya mengambil wujud sosok wanita yang punggungnya berlobang. Jika kita berhadapan, baunya sangat wangi, tapi kalau berbalik badan, akan menebarkan bau busuk dan amis. Ia suka berkeliling di tempat-tempat ramai.

3. JERANGKONG, THETHEKAN
Hantu yang mengambil wujud menyerupai kerangka manusia. Ia suka berkeliling dari kampung ke kampung pada pagi dini hari. kemunculannya selalu antara jam 01 s/d 02 malam. Ia disebut thethekan (dibaca tek-tek-kan) karena kalau berjalan mengeluarkan bunyi “thek, thek, thek,…”, yang ditimbulkan dari benturan rahang atas dan rahang bawah. Disebut juga jerangkong karena konon katanya hantu ini sangat suka mengganggu orang, terutama anak-anak kecil. 

4. NDHAS GLUNDHUNG, NDHAS CUMPLUNG, GLUNDUNG PECENGIS
 Hantu berupa kepala manusia. Ia sangat suka menganggu dan mengejutkan orang dengan cara menggelundung secara tiba-tiba di depan banyak orang. Ada juga yang jatuh dari atas pohon, saat ada orang yang mendekat kepalanya akan berputar dan tersenyum sinis. Konon, ia adalah kepala para orang-orang yang mati dengan cara disembelih. Ndhas Glundhung konon banyak muncul di tempat-tempat bekas pembantaian pada jaman pengganyangan PKI (Partai Komunis Indonesia) 1965 dan setelahnya.

5. MEMEDI USUS
 Berupa bentangan usus manusia, yang akan melilit kaki orang yang sedang melintas di jalan. Ia biasanya melintang di jalan untuk menunggu mangsa. Orang yang kebetulan terlilit oleh Memedi Usus, selain karena memang kakinya terlilit, terasa berat dan kesulitan utk berjalan atau berlari. 

6. POCONG
 Berupa sosok yang berpakaian orang mati (berkain kafan). Cara berjalannya meloncat-loncat, Biasanya tinggal di kuburan seseorang, yang konon semasa hidupnya bergelimang dengan dosa; Misalnya rentenir, pemelihara thuyul atau perewangan. Dan ia tidak rela atas kematiannya. Ia sukanya menggantung di pohon, bersandar, atau rebahan di tepi jalan, Pocong suka mengejar orang yang ketakutan dan kabur kalau ada orang yang berani. 

7. OYOT NIMANG
 Suatu akar gaib yang bisa menghilangkan ingatan atau kesadaran seseorang, yang tanpa sengaja menginjak atau melompatinya. Orang yang kena pengaruh Oyot Nimang berjalannya akan terus berputar-putar di tempat yang sama (kayak gasing ), tapi ia merasa berjalan ke tempat yang dituju. 

8. KUBURAN BAJANG / JABANG BAYI
 Tempat dipendamnya bayi hasil hubungan gelap, yang dikeluarkan secara paksa, karena umurnya belum saatnya untuk dilahirkan (aborsi). Pada malam-malam tertentu, tempat tersebut mengeluarkan suara tangisan bayi yang memilukan

9. KEMAMANG
 Sosok hantu berambut api. Ia senang tinggal di tepi sungai sambil cari ikan. 

10. GERANDHONG
Hantu yang sangat ganas, bahkan bisa membinasakan. Ia berupa sosok yang sangat menakutkan. Wajah dan matanya merah, taringnya panjang, kulitnya abu-abu bersisik, rambutnya panjang dan kasar,. Ia bersifat nomaden, tapi ketika ia tinggal di desa tertentu, bisa menggegerkan orang se-desa. Akhirnya tempat tersebut setiap malam akan terasa mencekam, karena tidak ada seorang pun yang berani keluar rumah.

11. WEWE GOMBEL
Hantu berwujud sosok wanita yang sangat tua, dengan pakaian compang-camping, dan payudaranya menggelantung sampai menyentuh tanah, jadi sepertinya hantu yang satu ini susah buat merangkak. Dia suka mengganggu anak-anak balita dengan cara mengajaknya ke tempat-tempat yang sepi, kemudian anak tersebut di tinggal di tempat itu. Atau kalau dia lagi suka, diajaknya keliling-keliling sampai berhar-hari. Kalau sudah bosan ditinggalkan anak tersebut, entah di tengah sawah, di hutan, di atas pohon, dan sebagainya

12. KEBLEG
 Berupa kelelawar besar (wujudnya semacam kalong), sukanya mencuri beras di pedaringan (Jawa), yaitu tempat menyimpan beras. juga suka mencuri telur (bisa telur ayam atau bebek.. Konon, ia adalah peliharaan seseorang. 

13. THUYUL
Biasanya tuyul merupaka peliharaan seseorang, bertugas mencuri uang untuk disetorkan kepada pemeliharanya. Wujudnya berupa sosok anak balita, tapi tidak bisa dibedakan antara yang laki-laki dan perempuan. Ada yang bilang untuk membayar jasanya, pemiliknya harus merelakan darahnya dihisap sama hantu kecil ini. Ada juga yang bilang hantu ini suka nenen ke pemiliknya, tapi yang dihisap bukan susu melainkan darah.
Islam tidak menolak kewujudan makhluk halus, malah perkara ghaib seperti kewujudan makhluk halus wajib dipercayai kerana Rukun Iman itu sendiri terdiri dari perkara-perkara ghaib yang wajib diimani. Mengatakan makhluk halus tidak wujud bermakna melakukan satu iktikad yang merosakkan akidah. Malaikat, Jin dan beberapa makhluk halus yang lain di sebut dengan jelas dalam Al-Qur’an. Ini  saya jelaskan di dalam posting lain. Perbuatan sihir juga di sebut dengan jelas oleh Allah dalam Al-Qur’an dan ia memang mampu dilakukan oleh mereka-mereka yang melampaui batas. Menolak kewujudan mereka bermakna menolak ayat-ayat Allah dalam Al-Qur’an. Menolak ayat Al-Qur’an bermakna kita beriktikad bahawa kandungan Al-Qur’an itu tidak betul. Dengan iktikad ini, kita mencampakkan diri kita dalam perbuatan tidak beriman kepada Allah

 

Sahadat Hantu


Pada kesempatan ini saya ingin berbagi sebuah ajian yang dinamakan “Sahadat Hantu” (jangan di tanya dalil ayat atau hadisnya karena memang tidak ada) ,ajian ini di tujukan khusus untuk hantu dengan jenis arwah penasaran yang biasanya tidak mempan kalau cuma di bacakan ayat kursi ( kecuali yang membacanya mempunyai  tingkat keyakinan yang tinggi.
Caranya:
Pada saat akan melewati suatu tempat yang di yakini ada hantu dari arwah penasaran baca:

ILAAHA ILAAHU NABI ILAAHA  3X

Dari pengalaman penulis pernah menemui jenis hantu ini di mana seluruh doa dan ayat yang saya ketahui tidak mempan ( karena tingkat keimanan saya masih rendah tentunya) sampai sampai saya menggunakan doa pamungkas “ayat di tanggung semut” yang mampu menghancurkan jin islam..sosok “panjadian”(jenis arwah/pocong) tetap duduk di samping jok mobil kami.dan hilang sendirinya begitu akan sampai di rumah.
Kejadian tersebut saya ceritakan ke bibi saya di kampung dan saya di beri ajian tersebut.singkat cerita suatu malam saya harus melewati tempat tersebut lagi dan lagi lagi sosok tersebut ikut duduk lagi di samping saya..dalam ketakutan yang sangat saya langsung membaca ajian tersebut dan alhamdulillah “panjadian” tersebut pergi setelah menundukan kepala kepada saya ..setelah kejadian tersebut sampai sekarang dia tidak pernah ikut ikutan lagi..

Sekian dulu dari saya,semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

bagi anda yang merasa mempunyai beberapa masalah dalam kehidupan anda bisa melihat

Doa Pelindung,Doa pengasihan,doa penyembuh  dan pembuka rejeki yang di berikan dengan ijazah khusus dapat anda lihat di Doa mustajab

Dengan harapan dari sekian banyak jenis doa yang saya ijazahkan secara khusus ada yang sesuai dengan masalah anda...amiin


Wasalam

Tidak ada komentar:

Hubungi Penulis

Name *
Email *
Pelihal *
pesan *
Powered byEMF HTML Form
Report Abuse